Bisnistoday-Ada yang unik ketika Anda (khususnya perempuan) saat bertandang ke Lindeteves Trande Center (LTC) Glodok, Jakarta Barat baru-baru ini. Hal ini dikarenakan, ada pemandangan hijau nan segar (tidak seperti hari-hari biasanya) di Lobby Utama GF 1 LTC Glodok, yakni pameran tanaman Hydroponic.

LTC Glodok yang terkenal sebagai sentra terlengkap alat-perkakas dan teknik yang identik dengan perlengkapan kaum adam, ternyata terdapat pula perlengkapan cocok tanam. Salah satu aktivitas yang disukai kaum hawa.

Hendri Trie Asmono, selaku Promotion Manager PT Wahana Sentra Sejati pengelola LTC Glodok dan Harco Glodok Hobi, mengatakan banyak yang belum tahu jika di LTC Glodok terdapat perlengkapan bercocok tanam atau berkebun. Bahkan perlengkapan cocok tanam hydroponic sekalipun ada di LTC Glodok.

“Mereka taunya di LTC Glodok menjual perkakas dan perlengkapan teknik saja. Dengan adanya pameran tanaman hydroponic ini, masyarakat semakin tahu jika disini menyediakan perlengkapan cocok tanam yang lengkap,” ujarnya saat media visit ke LTC Glodok bersama dengan Harco Glodok, Jakarta 12/09/17.

Lanjut Hendry, bercocok tanam di lahan sempit di perkotaan semakin diminati masyarakat khususnya Jakarta dan sekitarnya, karena keterbatasan lahan. Tentu saja hal ini merupakan peluang besar bagi LTC Glodok.

“Pengunjung sangat antusias ingin melihat cocok tanam dengan media hydroponic. Masyarakat juga sudah mulai sadar akan pentingnya hidup sehat dengan hasil dari berkebun di rumah,” imbuhnya.

Hendry juga tidak menampik jika pameran hidroponik ini salah satu strategi untuk merespon permintaan pasar yang terus bertambah akan produk-produk bercocok tanam. Selain pameran hydroponic, terdapat pula pameran jamu dan obat-obat herbal. “Di lantai 2 LTC Glodok ini sudah ada stan jamu herbal yang sudah memiliki banyak pelanggan tetap,” ucap Hendry.

Ditemui di tempat yang sama, Sales Manager PT Hydrofarm Indonesia Widiastuti, mengatakan pameran digelar mulai Senin (11/9) – Jumat (26/9) dengan rata-rata pengunjung ke stannya mencapai lebih kurang 500 orang.

“Ya kami berharap ada transaksi di pameran ini. Alhamdulillah sudah banyak masyarakat yang membeli media system hydroponic, vitamin tanaman, juga benih,” kata Widyastuti.

Saat ini sebanyak 500 ribu orang di seluruh Indonesia yang menjadi anggota cocok tanam system hidroponik. “Bahkan anggota kami sudah ada yang di Wakatobi. Bisa dibilang seluruh wilayah sudah ada anggota kita yang menyukai hidroponik,” katanya.

Pihaknya pun telah siap untuk mengelola farm dengan teknologi komputerisasi (green house), memberikan edukasi hidroponik melalui pelatihan dan seminar, dan pelaku pameran di berbagai event. Dewi