Articles worth reading

Wisata

RasaLokal, Cita Rasa Oleh-oleh Lokal Sebenarnya

RasaLokal, Cita Rasa Oleh-oleh Lokal Sebenarnya

person access_time23-03-2018

IMG-20180319-WA0033Bisnistoday- Berbicara kuliner pasti tidak lepas dari Bandung. Ya, daerah ini memang menjadi salah satu surga kuliner di tanah air.

Semua makanan baik lokal maupun yang telah dimodifikasi, selalu saja hits dan menjadi primadona masyarakat. Tidak heran jika kota kembang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata kuliner Bandung kini bertambah marak, dengan hadirnya pusat oleh-oleh RasaLokal, yang berada di Jalan DR.Cipto 14, Bandung.

CEO Rasalokal Chandra Kurnia mengatakan, ini merupakan outlet ketiganya. Sebelumnya sudah buka di Bali pada Desember 2017, dan di Surabaya pada 28 Januari 2018 lalu.

"Sudah lama saya berkeinginan untuk membuka pusat oleh-oleh dengan mengangkat kuliner khas setempat. Banyak UKM yang justru memiliki potensi besar namun jarang yang mengangkatnya," ujar Chandra ditemui saat pembukaan RasaLokal Bandung, Minggu 16/03/18.

Lanjut Chandra, banyak kuliner lokal yang enak dan produk nya bisa menjadi tangan atau oleh-oleh khas daerah. Diakuinya kini banyak yang membuka toko oleh-oleh namun tidak mencerminkan kuliner khas lokal daerah tersebut. Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil,


Acara pembukaan RasaLokal sendiri dihadiri oleh orang no satu, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil,


Untuk RasaLokal ini, Chandra menggandeng artis Glenn Alinskie, Chelsea Olivia, dan Rio Motret. Selain itu ada beberapa temannya lagi yang turut bergabung, seperti Budi Usman yang juga menjabat sebagai Founder, VP SBMproindonesia.

Yang membuat unik, RasaLokal di Bandung mengangkat pedagang kuliner yang rata-rata sudah 30 tahun berjualan dan ingin membuat mereka lebih dikenal lagi.

"Kami ambil kuliner yang sudah terkenal di sini yakni nasi kuning Pandu Pak Rawi, Ayam Goreng Lembang H. Nanang dan mie kocok Kebon Jukut H Endang, yang kami sajikan dalam bentuk keripik dengan bumbu dan rempah-rempah asli, dan sambal khas masing-masing yang sudah dikenal para pecinta kuliner, sehingga bisa menjadi buah tangan yang bisa dibawa pulang," papar Chandra.
Disebutkan Chandra jika nasi kuning Pandu pak Rowi sudah dikenal sejak tahun 1985, saat di mana nasi kuning tidak mudah ditemukan di Bandung. Tempat berjualannya yang strategis di depan gereja di daerah Pandu, Bandung membuat nasi kuning pak Rowi selalu ramai dikunjungi di hari Minggu pagi.

Begitu juga dengan ayam goreng H Nanang di Lembang dengan sambal terasi dadak ala Sunda yang pedas gurih dan selalu dibuat dadakan sesaat sebelum disajikan, membuat ayam goreng ini terkenal dan menjadi salah satu kuliner favorit dari Chelsea Olivia.

Selain itu ada juga mie kocok Kebon Jeruk H Endan yang sudah dikenal dengan kuah kaldu sapi yang maknyus dan menjadi pilihan masyarakat Kota Bandung.

“Terinspirasi dari kuliner dan kelezatan tersebut, kami membuat keripik sejuta rasa nasi kuning Pandu, ayam goreng Lembang dan keripik mie kocok Kebon Jeruk dengan cocolan asli sambal khas masing-masing yang sudah terkenal,” ujar Chandra.

Untuk harga produk yang ditawarkan di RasaLokal, berkisar antara Rp5 ribu sampai dengan Rp200 ribu per piece nya. Dewi

 

 

folder_opentags

Penulis

bisnis today

bisnis today

Artikel Lain