Miwon Indonesia dan Miwon Group Bangun Rumah Ramah Gempa di Palu

22 October, 2018 Written by dewi Tagged as:

Bisnistoday- PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) bekerja sama dengan Dompet Dhuafa membangun puluhan unit rumah sementara ramah gempa dan paket sembako bagi warga pengungsi di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kerjasama ini diawali dengan serah terima secara simbolis donasi kemanusiaan sebesar 1 miliar rupiah dari Miwon Group kepada Dompet Dhuafa selaku pelaksana program yang bertempat di kantor Miwon, Jakarta Timur.

Bencana yang melanda Palu dan daerah sekitarnya di Sulawesi Tengah pada tanggal 28 September 2018, mengakibatkan lebih dari dua ribu orang meninggal dunia. Selain itu, puluhan ribu orang terpaksa mengungsi karena rumah yang dulu mereka tempati kini rusak diterjang tsunami, digoncang gempa dan ditenggelamkan likuifaksi.

Sudah tiga pekan warga mengungsi di tenda dengan alas dan atap terpal. Saat siang hari, sinar matahari terasa sangat menyengat karena cuaca pasca gempa lebih panas dari biasanya. Saat malam tiba, dingin menusuk hingga rusuk.

Saat hujan mengguyur, warga semakin berduka karena tenda yang mereka tempati direndam air hujan. Seperti itulah kondisi yang dirasakan para pengungsi saat ini, tidak ada pilihan lain bagi mereka selain tetap tinggal di tenda karena tidak ada rumah untuk kembali.

Untuk dapat bertahan hidup dan mulai mencari penghidupan, para pengungsi butuh tempat yang layak dan aman, minimal terlindung dari panas dan hujan. Karena jika tetap tinggal di tenda sampai kurun waktu yang lama dapat mempengaruhi psikologis dan semangat hidup para pengungsi.

Melihat kondisi tersebut, Miwon Group berupaya untuk mengembalikan dan membangkitkan semangat warga dengan membangun rumah sementara ramah gempa.

“Bahagia rasanya bisa turut berkontribusi dalam penanganan bencana di Palu. Harapan kami, semoga dengan terbangunnya rumah sementara ramah gempa dapat meringankan duka yang dialami pengungsi dan dapat meminimalisir resiko datangnya penyakit dan gangguan lainnya,” tutur I Wayan Mariadi selaku General Affair Manager PT Miwon Indonesia, Jakarta, 19 /10.

“Rumah merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar dan menjadi salah satu unsur penggerak semangat berkarya dan beraktivitas. Semoga rumah sementara ramah gempa yang dibangun menjadi permulaan yang baik untuk menata laju perekonomian.” ungkap Herdiansah selaku Direktur CSR Dompet Dhuafa Social Enterprise. Dewi

  • Tags