SMK Sales Champion Kembali Digelar

2 November, 2018 Written by dewi Tagged as:

Bisnistoday- Untuk keempat kalinya program SMK Sales Champion, ajang kompetisi kemampuan jualan bagi para siswa-siswi SMK, kembali digelar. Kali ini dengan menggandeng PT. Fajar Lestari Sejati selaku pemegang Brand Dekkson dengan program bertajuk “Dekkson SMK Sales Champion (DSSC) 2019” yang menyasar 25 kota di Indonesia.

“Program ini masih dengan membawa semangat dan visi misi untuk meningkatkan mutu dan kompetensi para siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), terutama dalam hal kemampuan sales (menjual). Saya sangat bersyukur kegiatan ini mendapat repsons makin besar dari kalangan pelaku usaha serta minat peserta makin tinggi yang tahun ini kami akan menyasar 25 kota di Indonesia,” ujar Dedy Budiman selaku Program Director DSCC 2019, di kantor Kemendikbud RI, Jakarta, 31/10.

Tambah Dedy, dalam kompetisi ini, panitia telah menyiapkan konsep program dengan melibatkan networking, pengalaman dan edukasi menarik bagi para pesertanya untuk semakin meningkatkan kompetensi diri.

Diharapkan melalui program Dekkson SMK Sales Champion 2019 ini, bisa semakin membuka wawasan dan meningkatkan skill para peserta program sehingga, dapat langsung diserap dalam dunia industri.

M. Widiyanto, Kasi Pembelajaran Direktorat PSMK Kemendikbud. menyatakan, program ini sejalan dengan upaya Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam mengembangkan pendikan vokasi.

“Kesesuaian antara kurikulum dan pembelajaran di sekolah dengan apa yang dibutuhkan industri, ini sangat penting dan akan terus didorong. Mengingat, untuk melahirkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki keahlian dan kompetensi mumpuni butuh biaya yang sangat besar. Kolaborasi antara pemerintah dan swasta ini sangat diperlukan agar bisa terus meningkatkan kualitas lulusan SMK,’ ujarnya.

Menurut data Kemendikbud, setiap tahun ada 1,5 juta lulusan SMK. Sekitar 30%-nya tidak berhasil terserap dalam dunia kerja. Dengan kemampuan dan skill yang dimiliki dalam hal sales ini, nantinya diharapkan bisa mendorong mereka agar tertarik untuk berwirausaha.

Para peserta program ini adalah siswa dan siswi kelas X – XII Kompetensi Keahlian Pemasaran dalam bentuk kelompok, yang masing-masing kelompok beranggotakan 5 sampai 7 orang siswa/i. Setiap sekolah dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya kelompok untuk mengikuti kompetisi ini.

Secara teknis, setiap peserta diwajibkan mendaftarkan kelompoknya (melakukan registrasi) ke website www.dekksonsaleschampion.com. Sosialisasi program dan pendaftaran telah dilakukan pada Juli dan ditutup tanggal 31 Agustus 2018 dengan jumlah total Team pendaftar sebanyak 400 peserta dari total 29 propinsi yang dibagi menjadi 7 wilayah region.

Tim panitia yang terdiri dari para mentor telah melaksanakan sosialisasi program ke SMK-SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran di 25 kota di Indonesia. Setiap sekolah mereka memberikan penjelasan singkat kepada para siswa mengenai teknik penjualan dan sebagainya kepada SMK yang akan berpartisipasi. Total sekolah yang telah dikunjungi oleh team mentor adalah 148 SMK.

Kompetisi ini terbagi dalam tiga tahap dengan beragam kategori penilaian. Di antaranya, omset penjualan, presentasi produk, dan pembuatan konten media social yang harus di-share, dan penilaian dari tim panitia selama event berlangsung.

Selama masa kompetisi ini, peserta akan terus dibekali dengan pelatihan secara online class serta pendampingan oleh masing-masing mentor pada kota masing-masing untuk terus menyemangati dan memberikan tips-tips serta strategi mengenai marketing dan penjualan.

“Dalam kompetisi ini bobot omset penjualan hanya 40%. Penilaian lebih pada kreativitas dan pencarian solusi dari suatu masalah,” imbuh Dedy.

Sementara itu, Lucky Nugroho, Marketing Director PT. Fajar Lestari Sejati (Dekkson) menyatakan, Dekkson merupakan perusahaan yang menyediakan aksesoris untuk pintu dan jendela, serta penyedia produk-produk hardware arsitektural yang berkualitas untuk kepentingan pembangunan interior.

Salah satu syarat utama dalam kompetisi ini adalah para peserta tidak diperbolehkan menjual produk Dekkson ke peritel, tapi harus langsung ke end user. Produk yang ditawarkan dari Dekkson meliputi kategori Cylinder, Mortise Lock, Handle, Escutcheon, Hinge, Pull Handle, Door Stopper, Door Closer, Pull Plate, Cam Window, Flush Bolt dan Sliding Rail Dekkson, serta aksesoris pintu dan jendela lainnya.

Puncak periode kompetisi atau tahap kualifikasi ini adalah pada 1 Maret – Juli 2019. Sedangkan GrandFinal DSSC 2018 akan dilakukan di Jakarta, sekitar bulan Juli / Agustus yang akan dihadiri oleh seluruh anggota Team beserta Mentor dan Guru Pembimbing dari masing-masing Team. Dewi

  • Tags