5 pemenang FIFGROUP Youth Innovation

11 January, 2019 Written by dewi Tagged as:

Bisnistoday- PT Federal International Finance (FIFGROUP) memberikan apresiasi kepada peserta dari berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam FIFGROUP Youth Innovation atau (FYI) yakni dana bantuan beasiswa pendidikan karena karya mereka dalam membuat ide bisnis.

Ini merupakan ajang perlombaan ide bisnis yang telah dilaksanakan sejak tahun 2017. Melalui FYI, FIFGROUP dapat melihat adanya berbagai voice of customer melalui berbagai ide kreatif yang muncul tidak hanya berasal dari internal saja melainkan adanya insight bermanfaat yang didapat dari external.

FIFGROUP mengajak mahasiswa mahasiswi perguruan tinggi Indonesia untuk dapat memberikan beragam inovasi yang berfokus pada pengembangan bisnis terutama bidang jasa keuangan yang dimiliki oleh FIFGROUP.

Sosialisasi program FYI dilakukan di berbagai perguruan tinggi di wilayah Indonesia. Penyampaian program tersebut dikemas dalam bentuk workshop dimana di dalamnya dilaksanakan pengarahan metodologi dan sistematika penulisan proposal bisnis yang digunakan oleh FIFGROUP dalam pengelolaan bisnis.

Dalam prosesnya, FIFGROUP berhasil menerima 111 applicant dari 13 perguruan tinggi dimana telah dilakukan screening yang ketat oleh manajemen FIFGROUP, hingga pada akhirnya terpilih 15 tim.

Selanjutnya pelaksanaan business project simulation yang berlangsung di kantor cabang FIFGROUP, dimana para peserta juga turut dibimbing dan diberi kesempatan untuk mendapatkan berbagai insight untuk kelengkapan data serta pemahaman mengenai metodologi yang lebih mendalam.

Tahap selanjutnya dilakukan Video Conference mempertemukan peserta dengan jajaran Direksi FIFGROUP, untuk dapat mempresentasikan ide bisnis mereka.

Berbagai keuntungan diraih peserta FYI yakni, hadiah jutaan rupiah untuk 5 pemenang. program Fast Track, golden ticket untuk dapat bergabung bersama FIFGROUP, mendapatkan program pembelajaran Financial Business, melihat bisnis proses pada perusahaan pembiayaan FIFGROUP, serta mendapatkan sesi sharing bersama jajaran direksi FIFGROUP.

Acara puncak dari rangkaian kegiatan FYI adalah pemberian awarding kepada 5 pemenang terpilih yang telah mengikuti serangkaian seleksi dari periode yang telah ditentukan. Berikut 5 pemenang FIFGROUP Youth Innovation :

Juara 1. Siti Nur Seha dan Rino Saputra dari Universitas Airlangga Mendapatkan Dana Beasiswa Pendidikan sebesar Rp 15.000.000,00. Ide pembiayaan untuk petani cabai rawit di Probolinggo yang meliputi pembuatan shelter, pembelian benih bermutu serta pembelian pupuk anti pestisida untuk meningkatkan produktivitas petani cabai di Probolinggo hingga angka panen 30.000 ton/tahun, meningkatkan 13.890 ton dari tahun sebelumnya.

Juara 2. Nur Fajriah Syukri dan Tiara Maulida dari Universitas Indonesia mendapatkan Dana Beasiswa Pendidikan sebesar Rp 10.000.000,00. Ide bisnis aplikasi pembiayaan dana pendidikan untuk mahasiswa Indonesia yang diklasifikasi sesuai kebutuhan mahasiswa seperti biaya kuliah per semester, hingga segala keperluan perkuliahan mahasiswa mahasiswi di perguruan tinggi.

Juara 3. Moh Faris Arfandhy dan Alim Bahri Ashari dari Universitas Hasanuddin Mendapatkan Beasiswa Pendidikan sebesar Rp 7.500.000,00. Ide sistem pertanian yang mempertemukan pemilik lahan, pemilik dana, dan petani untuk bisa menggarap bisnis pertanian, dimana tentunya juga melibatkan FIFGROUP dengan jaringan network yang luas di seluruh Indonesia.

Juara 4. Agnes Sandra Rubianto dan Mega Agustine Setya Rahayu dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Mendapatkan Beasiswa Pendidikan sebesar Rp 5.000.000,00. Ide pengembangan untuk aplikasi yang dimiliki oleh FIFGROUP, dimana aplikasi tersebut akan menjadi lebih user-friendly dan tentunya memudahkan konsumen FIFGROUP

Juara 5. Putra Adi Tri Pamungkas dan Umroh Makhmudah dari Universitas Negeri Jember Mendapatkan Beasiswa Pendidikan sebesar Rp 2.500.000,00
Ide bisnis aplikasi traveling dimana dengan menggandeng FIFGROUP sebagai sebuah solusi untuk pembiayaan perjalanan liburan yang dapat disusun oleh calon konsumen.

Direktur Human Capital, GS & Corp. Communication FIFGROUP Bapak Sutjahja Nurgroho mengatakan bahwa melalui FYI ini, manajemen sungguh terinspirasi dengan berbagai ide inovasi yang datang dari kaum milenial.

”Antusiasme peserta FYI sangat baik, banyak masukan bermanfaat yang dapat menjadi bekal pengembangan bisnis FIFGROUP kedepannya. Tak lupa kami ucapkan terimakasih dan selamat kepada para pemenang,” kata Sutjahja Nugroho

FIFGROUP Serahkan Bantuan ke Petani Sagu

Salah satu peserta FIFGROUP Youth Innovation dari Universitas Hassanuddin Makassar, ide bisnisnya mendapatkan perhatian dari tim penyeleksi. Dimana adanya usaha dalam membantu meningkatkan pendapatan usaha petani sagu di Kecamatan Malangke, Sulawesi Selatan.

FIFGROUP memberikan bantuan sebesar Rp 37 juta diberikan kepada 5 kelompok tani sagu di wilayah tersebut.

Melalui FIFGROUP Peduli, pada kesempatan ini perseroan menyerahkan bantuan tersebut dalam bentuk tanggungjawab perusahaan atau yang disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR).

Bantuan diserahkan kepada kelompok Tim Spektra Sagu Finance dari Universitas Hasanuddin Makassar, sebagai wujud kepedulian bagi petani sagu di daerah Kecamatan Malangke, Sulawesi Selatan.

Berupa beragam keperluan pertanian sagu dimana diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan petani sagu di kecamatan Malangke.

Sutjahja Nugroho, Direktur Human Capital, GS & Corp.Communication FIFGROUP mengatakan bahwa kegiatan sosial senantiasa dilakukan oleh FIFGROUP semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan produktivitas bagi petani sagu di Kecamatan Malangke.

“Bantuan sosial ini meliputi pemberian perlengkapan yang mendukung aktifitas para petani sagu,” kata Sutjahja. dw

  • Tags