Ini Dia Waralaba yang Diincar Calon Investor Tahun 2019

1 March, 2019 Written by dewi Tagged as:

award 2019

 

Bisnistoday- Bisnis Franchise atau waralaba masih menjadi primadona masyarakat Indonesia untuk membuka usaha. Saat ini banyak produk yang ditawarkan oleh franchisor, mulai dari skala kecil hingga ratusan juta rupiah. Lagi-lagi calon investor harus jeli untuk memutuskan membeli produk tersebut.

Chairman Tras n Co Indonesia, Tri Raharjo mengatakan, bisnis waralaba 10 tahun terakhir masih menarik calon investor karena banyak keuntungan yang diperoleh dalam menjalani bisnis ini. Salah satunya, tidak perlu mengelola bisnis dari nol, dan umumnya produknya sudah dikenal di masyarakat.

Menurut Tri Raharjo, waralaba yang menjadi tren atau incaran calon investor di tahun 2019 masih berkisar di kategori minimarket, resto kekinian, dan jasa pengiriman. Karena selain menjadi kebutuhan utama masyarakat, juga permintaannya lagi tinggi-tingginya.

Demikian dikatakan Tri Raharjo kepada wartawan dalam konferensi pers “Merek-merek Waralaba Paling Diminati Tahun 2019” di Jakarta, Rabu (27/2).

Tri Raharjo mengatakan, untuk kategori minimarket misalnya yang pengelolaannya pasif, karena semuanya sudah dikelola atau dijalankan oleh pemiliknya. Calon investor tidak perlu susah-susah belajar dari awal, bisnis sudah berjalan, dan tinggal pembagian keuntungan saja. “Ini yang disukai investor,” ujarnya.

Menurut Tri Raharjo ada lima hal yang harus diperhatikan calon investor dalam menentukan atau memilih jenis waralaba yakni; “proven” secara usia sudah lebih dari lima tahun. Kemudian produknya mudah dijual. Lalu bagaimana pelayanan dan mereknya, karena kalau pelayanannya bagus dan mereknya sudah dikenal akan lebih memudahkan dalam menjualnya. Selanjutnya lihat orangnya dan track record-nya, dan terakhir profit atau bagaimana keuntungan.

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, menjadi bisnis waralaba, lisensi atau kemitraan paling diminati calon investor, membutuhkan proses panjang dan bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Begitu pula melahirkan waralaba, lisensi atau mitra sukses di bisnisnya, adalah tantangan bagi seluruh Franchisor, Licensor atau pun principal.

Tentu saja merek-merek waralaba, lisensi atau kemitraan yang berhasil menjadi bisnis nomor satu pilihan investornya, serta merek-merek yang telah berhasil menciptakan mitra-mitra sukses, patut mendapatkan pengakuan dan apresiasi atas pencapaiannya tersebut.

“Sebagai bentuk dukungan terhadap tumbuhkembangnya bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan di Indonesia serta mengapresiasi para mitra terbaiknya, FranchiseGlobal.com bekerja sama dengan Tras N Co Indonesia menghadirkan No.1 Franchise Choice Award 2019 dan The Best Franchisee Award 2019,” ujar Tri Rahardjo.

Dikemukakan, No.1 Franchise Choice Award 2019 merupakan penghargaan bergengsi yang diselenggarakan untuk pertama kalinya yang diberikan oleh FranchiseGlobal.com Indonesia bersama Tras N Co Indonesia kepada satu merek waralaba/lisensi/kemitraan terpilih terbanyak di kategori bisnisnya berdasarkan hasil survei Franchise Choice Index pilihan calon mitra/investor untuk berinvestasi di tahun 2019.

Sedangkan The Best Franchisee Award 2019, merupakan apresiasi dan penghargaan yang ketiga kali terselenggara, hasil kerja sama antara Franchiseglobal.com Indonesia bersama franchisor/licensor/principal yang diberikan kepada waralaba/lisensi/mitra terbaik yang telah berhasil menjalankan dan mengembangkan bisnisnya hingga sukses dan berkembang.

Menurut Tri Rahardjo, objektivitas penyelenggaraan dua event yang bersamaan ini dikarenakan bisnis waralaba, lisensi atau kemitraan, merupakan bisnis keterkaitan yang tidak bisa terpisahkan. Dalam konsep bisnis ini ada dua pihak yang saling bekerja sama untuk meraih sebuah keuntungan dengan kesepakatan tertentu, yaitu antara pemilik bisnis dan mitra. Di mana pemilik bisnis memberikan izin kepada mitra untuk menggunakan merek, sistem, memberikan dukungan, pelatihan, serta mengadakan pengawasan atas usaha dalam kerja sama jangka waktu tertentu.

Adapun untuk mengetahui merek-merek peraih No.1 Franchise Choice 2019, Tras N Co Indonesia dan Franchiseglobal.com melakukan survei Franchise Choice Index kepada lebih dari 500 merek waralaba, lisensi dan kemitraan di Indonesia berdasarkan 3 aspek penilaian yaitu Popularity Aspect, Interest Aspect dan Business Choice Aspect.

Survei dilakukan selama 3 bulan mulai dari September – November 2018. Peraih penghargaan No.1 Franchise Choice Award 2019 untuk kategori bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan yakni: Apotek K-24 (Kategori Apotek), Carvil (Kategori Sandang), CFC (Kategori Resto Fried Chicken), Depo Air Minum Biru (Kategori Air Minum Isi Ulang), Oto Bento (Kategori Resto Bento).

Selanjutnya Warung Tekko (Kategori Resto Iga), Sabana Fried Chicken (Kategori Fried Chicken Booth & Container), Shop&Drive (Kategori Bengkel & Aksesoris Mobil), Snapy (Kategori Digital Printing), Ixobox (Kategori Barbershop). Kemudian Green Nitrogen (Kategori Nitrogen), Coffee Stall Good Day (Kategori Coffee Booth/Corner).

Sedangkan peraih The Best Franchisee 2019 yakni;

1. CFC dengan mitra; Reynaldo Halim Putra.

2. Snapy dengan mitra; CL. Setyowati Handayani

3. KiddyCuts dengan mitra; Brigitte Francesca Nadjamuddin.

4. Nibras dengan mitra; Ayun Barozah, Samsul Huda, Nur Yanthi.

5. Eye Level dengan mitra; Micky.

6. Waffelicious dengan mitra; Agustina Prayogo.

7. Rocket Chicken dengan mitra; Wahyu Bagus Iriawan.

8. Oto Bento dengan mitra; Putiri Bhuana Katili.

9. Warung Tekko dengan mitra; Niko Wijasin.

10. Ixobox dengan mitra; Ugahary Yovvy Chandra.

11. Bambu Spa dengan mitra; Jully Lau

12. House of Mustika Ratu dengan mitra; Budi Salim, ST

13. Bang Aji Arabian Kebab dengan mitra; Bondan Fahrizal

14. Black Kebab dengan mitra; Djohan Ichwan

15. RFC dengan mitra; Roni Ramdani

16. PT. Santos Jaya Abadi dengan mitra; Outlet Coffee Corner MNC Land

“Akhirnya, kami berharap, penghargaan ini dapat memacu kinerja seluruh stakeholder waralaba, lisensi dan kemitraan. Sehingga, ke depannya bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan akan semakin kompetitif dan berkembang,” ujar Tri Raharjo. Dewi

  • Tags