FIFGROUP Kembali Salurkan Dana Bergulir Bagi UMKM

9 March, 2019 Written by dewi Tagged as:
FIF
 
Bisnistoday- PT Federal International Finance, anak perusahaan PT Astra International Tbk, memberikan bantuan berupa dana bergulir dan pelatihan literasi keuangan kepada 150 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Guru dan pelajar.
 
Program dana bergulir merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam bidang usaha masing-masing bagi mereka yang kesulitan modal dengan memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga, di mana pengembalian dana tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh UMKM berikutnya dengan pola yang sama, sehingga kedisiplinan pengembalian sangatlah diutamakan.
 
Program kepedulian sosial dan pemberdayaan ekonomi dari PT Federal International Finance, yang lebih dikenal dengan nama FIFGROUP ini, adalah hasil kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan, kompetensi dan produktivitas para UMKM serta daya saing mereka kita harapkan mampu mandiri dan bersaing di pasar lokal dan nantinya bisa masuk ke pasar internasional yang sangat ketat.
 
Program dana bergulir yang dimaksudkan untuk meningkatkan kelas para UMKM ini telah berlangsung sejak tahun 2015. 
 
Sampai saat ini, jumlah penerima yang terbantu adalah sebanyak 195 UMKM, di mana setelah mendapatkan bantuan dana bergulir tersebut kemampuan mereka juga meningkat. 
 
Pelaku UMKM tersebut sebagian besar berasal dari usaha bidang kuliner, kemudian disusul dengan kerajinan tangan dan di bidang jasa.
 
Para UMKM penerima bantuan dana bergulir sejak tahun 2015 sampai dengan 2019 ini juga tersebar di wilayah Jabodetabek dan cabang FIFGROUP, seperti di wilayah Jakarta yaitu Cilandak, Ciganjur, Pamulang, Serpong, Cibinong, untuk di cabang FIFGROUP yaitu Cabang Pangkal Pinang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Lampung, Lubuk Pakam, Batam, Padang, Palembang, Mataram, Makassar, Denpasar, Balikpapan, Banjarmarin, Bogor, dan Manado.
 
FIFGROUP melalui CSR FIFGROUP PEDULI ini telah memberikan bantuan modal Rp 399,800 juta dan setelah bergulir dirasakan manfaatnya oleh 195 UMKM dengan nilai manfaat periode 2015 – 2019 sebesar Rp 529,800 juta. 
 
Berikut rincian penyaluran Dana Bergulir yang dilakukan hari ini : 
1. Sepuluh (10) UMKM binaan FIFGROUP yang selama ini telah dibina di Kecamatan Cilandak, senilai Rp 30.000.000 atau @ Rp 3.000.000.-
 
2. Sepuluh (10) UMKM binaan baru di Wilayah Kecamatan Cilandak dengan nilai dana bergulir senilai Rp 2.000.000 per orang ini merupakan kelanjutan dari dana bergulir yang telah berlangsung selama ini. Program senilai Rp 20.000.000 kali ini,merupakan penyaluran yang ke 7 kalinya (total Rp 20.000.000,-)
 
3. Sepuluh (10) UMKM Binaan FIFGROUP Bogor yang berasal dari wilayah Bogor dengan nilai dana bergulir sebesar Rp 20.000.000 juta atau @Rp2.000.000.
 
4. Sepuluh (10) UMKM Binaan FIFGROUP Cabang Jakarta 2 berasal dari Wilayah Jakarta Barat dengan nilai dana bergulir sebesar Rp 20.000.000, atau @Rp 2.000.000.
 
Program CSR yang merupakan sinergi antara FIFGROUP dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Kecamatan Cilandak ini sejalan dengan Misi FIFGROUP: “Membawa Kehidupan Yang Lebih Baik Untuk Masyarakat.” 
 
Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaku UMKM, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta dari berbagai unsur terkait dengan literasi keuangan. 
 
“Harapan kami, semoga dengan adanya kegiatan pelatihan literasi keuangan dan dana bergulir tersebut, akan membawa manfaat bagi masa depan UMKM serta kehadiran FIFGROUP dapat dirasakan bagi masyarakat sekitar,” ujar Hugeng Gozali, Direktur Keuangan FIFGROUP.
 
Bantuan dana bergulir diserahkan langsung oleh Bapak Hugeng Gozali selaku Direktur Keuangan FIFGROUP kepada Bapak Sjamsul Idris, Camat Kecamatan Cilandak untuk kemudian diserahkan kepada para UMKM disaksikan oleh Ibu Sondang Martha Samosir selaku Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dewi
  • Tags