Wah Keren Nih Ada Mini Tokyo di Cikarang Bekasi

23 October, 2019 Written by dewi Tagged as:

Bisnistoday- Selain sebagai kawasan industri MM2100, Cikarang Barat Bekasi memiliki potensi tinggi untuk kawasan hunian dan komersial. Berdasarkan penelitian Janes Lang LaSalle, serviced apartement bergaya Jepang yang tersebar di Cibitung, Cikarang sampai Karawang memiliki tingkat occupancy hunian sebesar 80-95% per tahun.

Selain itu, wilayah Koridor Timur Jakarta tercatat memiliki captive market yang sangat besar, berisikan 4.000 perusahaan yang tersebar di 9 kawasan industri dengan lebih dari 2 juta karyawan lokal dan 22.000 ekspatriat. 62% ekspatriat diantaranya berasal dari Jepang.

Hal inilah yang mendasari PT Diamond Development Indonesia, anak perusahaan dari Mitsubishi Corporation, membangun kawasan superblok, Vasanta Innopark di Cikarang. 

Tidak tanggung-tanggung, Vasanta Innopark yang berdiri diatas lahan 12 hektare ini menelan investasi sebesar Rp 18 triliun dengan konsep The Genuine Integrated Japanese Town in Eastern Corridor atau disebut juga “Mini Tokyo”. karena didesain mirip dengan Tokyo di Jepang yang sangat kental dengan budayanya mulai dari restoran hingga tempat hiburan.
 
Presiden Komisaris PT. Sirius Surya Sentosa, Agnus Suryadi, mengatakan kawasan hunian dan komersial ini ditargetkan rampung pada tahun 2026. 

“Nantinya ada 10 apartemen, dan pusat perbelanjaan yang dilengkap hunian dan perkantoran di atasnya. Dari 10 tower yang akan dibangun, dua tower diantaranya sudah dibangun sejak tahun 2017” ujar Agnus Suryadi saat press conference di Cikarang, 22/10/ 2019.

Lanjut Agnus, hingga saat ini progres pembangunan dua tower yakni Aoki dan Botan dengan 1.600 unit telah mencapai 50 persen. “Target quartal pertama 2020 dua tower ini sudah topping off,” imbuhnya.

Sementara itu, Mr Kenji Shimazaki selaku Marketing Director PT Mitsubishi Corporation Indonesia menambahkan Vasanta memiliki rekam jejak yang baik dalam bidang pengembangan proyek real estate dan komitmen yang sama yaitu perusahaan berbasis Customer Oriented. 

“Dengan keahlian kami dari Jepang, bersama Vasanta kami akan berkolaborasi memenuhi permintaan yang besar ini, serta memberikan yang terbaik untuk kualitas hidup yang lebih nyaman dengan harga terjangkau,” ungkap Kenji Shimazaki.

Adapun fase pertama akan dibangun kawasan komersial (meliputi mall, office, hotel, ruko), residential (apartemen, kondominium, serviced apartment), serta technology & education park. 

Sedangkan masterplan vasanta Innopark didesain langsung oleh Ong & Ong dan dilengkapi dengan 2 hektar Japanese Garden, Nihon Park, 1,5 km Japanese shopping street dan ITB Technopark.

Ming Liang, Sales and Marketing Director Vasanta Innopark mengatakan, selain menyasar para ekspatriat Jepang, Vasanta Innopark juga menyasar kebutuhan masyarakat lokal yang bekerja di MM2100. Sehingga harga apartemen di Vasanta Innopark dapat dijangkau para pekerja lokal.

“Ada sekitar 6.000 warga negara Jepang yang bekerja di Kawasan MM2100, yang menetap di atas satu tahun. Tetapi, yang menetap hanya di bawah tiga bulan, jumlah ekspatriat Jepang mencapai puluhan ribu,” kata Ming Liang.

Dari lokasi, Vasanta Innopark sangat strategis yakni berada di pusat jantung industri Jepang, MM2100. Ditambah lagi akses langsung keluar masuk tol KM 24, dan akses menuju tol JORR II melalui Cibitung Interchange.

Interchange ini akan menjadi Semanggi Baru di Koridor Timur yang menghubungkan ke segala penjuru seperti, Utara ke Tanjung Priok, Selatan ke Bogor, Timur ke Cikampek dan Jawa, serta Barat ke Pusat Jakarta. 

Lokasi strategis tersebut semakin dimudahkan dengan beberapa pembangunan infrastruktur yang tengah berjalan yaitu Elevated toll II, HST Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban, LRT dan MRT. 

Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Sirius Surya Sentosa, Ming Liang mengatakan, kawasan Vasanta Innopark  “Target pasar kami adalah ekspatriat dari Jepang yang bekerja di MM 2100,” ujar Ming. Dewi

  • Tags