Articles worth reading

Umum

Enesis Group Implementasikan Program SAP ERP System Go-Live Enesis SAP S/4HANA di Jakarta, Jumat (1/11/2019)

Enesis Group Implementasikan Program SAP ERP System

person access_time05-11-2019

sap

Bisnistoday- Group Enesis perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) asal Indonesia dengan beberapa brand, seperti suplemen makanan yakni Adem Sari, Vegeta, Proman juga produk personal care/ household yakni Soffel, Kispray, Antis dan lainnya, terus melakukan pembenahan dan mempermudah sistem informasi. 

Hal ini menjadi penting karena cakupan bisnis Grup Enesis sangatlah luas mulai dari pembelian, produksi, sampai penjualan di toko (online dan offline) sehingga dapat mengoptimalisasi kinerja opersianal.

Kerumitan integrasi data hampir merupakan fenomena di perusahaan, belum lagi bagaimana mengolah, menyajikan dan menginterpretasikan data agar dapat dijadikan alat pengambil keputusan. Era big data sudah menjadi bagian yang tidak dapat dihindari oleh semua perusahaan yang ingin sustain di industri. 

Salah satu upaya mengoptimalkan kinerja operasional tadi yaitu mengimplementasikan sistem Enterprise Resources Planning (ERP) milik SAP. Sistem SAP dipilih karena telah memilki reputasi dunia yang telah terimplementasi pada lebih dari 400 ribu perusahaan di dunia.

Budiman Goh (COO Enesis Group) mengatakan bahwa, SAP adalah market leader di software Enterprise Resource Planning (ERP) di dunia dan telah membantu berbagai macam ukuran perusahaan di berbagai macam industri. 

"Mengandeng SAP sebagai partner strategis adalah langkah strategis Enesis mengintegrasikan proses end-to-end dari pembelian hingga penjualan, secara tepat waktu dan akurat. Kami berharap Grup Enesis dan SAP Indonesia dapat tumbuh kembang bersama," ujar Budiman ditemui saat perayaan Go-Live Enesis SAP S/4HANA di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Lanjut Budiman sistem SAP telah dugunakan dalam dua bulan terakhir, proses implementasi tadi menurutnya memakan waktu selama 6 bulan dengan dibantu oleh PT Soltius Indonesia yang merupakan anak usaha PT Metrodata Tbk.

“Sebelum menggunakan sistem SAP, kami menggunakan small  ERP sendiri. Kemudian diputuskan menggandeng SAP karena ingin menjadi perusahaan yang releable sampai kita anggap siap menuju go public,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan dengan implementasi sistem tersebut Perseroan dapat meningkatkan integrasi perencanaan sehingga meningkatkan efektivitas pelaksanaan operasional. 

“Seluruh jajaran dapat memiliki akses atas informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga memudahkan Grup dalam proses pengambilan keputusan. Yang terpenting buat kami dengan adanya sistem yang handal kami siap untuk menjadi salah satu perusahaan terpercaya di bidang FMCG di Indonesia,” urainya.

Selain itu implementasi sistem ini diharapkan dapat berdampak pada tingkat efisiensi perusahaan yang pada akhirnya berdampak positif pada kinerja keuangan perusahaan. 

“Kami senang menjadi bagian dari perayaan Go-live Enesis SAP S/4HANA (ERP), SAP Analytics Cloud (SAC) dan SAP Business Planning and Consolidation (BPC). Dengan memilih SAP, Enesis sedang dalam perjalanan untuk menjadi perusahaan yang cerdas. Sebagai pemain terkemuka di industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), kami menantikan perjalanan transformasi digital Enesis karena telah meningkatkan produktivitas dan operasi - yang akan mengarah pada pengalaman karyawan dan pelanggan yang lebih baik.” Kata Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia.

Lebih lanjut Ketut S. Kamayana Presiden Direktur PT Soltius Indonesia, mengatakan, Dengan menerapkan SAP S/4HANA (ERP), SAP Analytics Cloud (SAC), dan SAP Business Planning and Consolidation (BPC), Enesis Group akan meningkatkan penyederhanaan proses bisnis berdasarkan praktik terbaik. 

"Kami berkomitmen untuk memanfaatkan portofolio solusi yang inovatif guna memberikan nilai maksimal pada pelanggan kami,” tutup Ketut. Dewi

 

folder_opentags

Penulis

bisnis today

bisnis today

Artikel Lain