Apakah Layak untuk Mengembangkan suatu Messenger Baru?

7 January, 2020 Written by dewi Tagged as:

 

Bisnistoday.com, Jakarta-Gem4me-pemain baru di pasar messenger, yang muncul pada tahun 2016, mengumumkan peluncuran marketplace sebagai bagian dari messenger tersebut. Apakah masih ada manfaatnya bagi dunia dengan munculnya Gem4me sebagai messenger baru?

Sebelum sebuah produk baru diluncurkan, harus dipastikan apakah ada orang yang benar-benar membutuhkannya? Siapa yang akan menggunakannya dan untuk apa? Untuk mengetahui hal tersebut secara pasti, perlu dilakukan serangkaian penelitian termasuk didalamnya antara lain melakukan analisa terhadap potensi pasar, menghitung penawaran dan permintaan. Banyak sekali pakar yang terlibat dalam berbagai kegiatan penelitian tersebut, dan artikel ini tidak dimaksudkan untuk membahas secara detail seluruh proses dan keahlian yang dibutuhkan. Namun mari kita melihat beberapa data agar dapat memahaminya secara lebih sederhana.

Data dasar dalam angka

Dilihat dari jumlah aplikasi dengan fungsi yang mirip, pengembangan messenger atau situs web adalah pilihan untuk bisnis yang sukses dan menjanjikan. Hari ini pilihan terbaik adalah messenger yang menempati urutan pertama dalam jumlah unduhan. Menurut penelitian SimilarWeb, ini berlaku di 168 negara.

Pada tahun 2016, lebih dari satu setengah miliar orang menggunakan layanan pengiriman pesan. Menurut Portal Statistik «Statista», pada tahun 2021 angka ini akan tumbuh satu miliar lagi dan mencapai dua setengah miliar, jadi sepertiga populasi dunia akan menggunakan messenger.

Tidak sulit untuk menemukan data data ini dan membuat kesimpulan berdasarkan angka angka tersebut. Tidak mengherankan bahwa pengumuman munculnya messenger baru sering terjadi untuk ikut merebut pangsa pasar yang ada dan yang akan makin besar. Tetapi juga adalah fakta  yang harus dimengerti bahwa orang yang memulai pengembangan messenger terlebih dahulu akan memiliki keuntungan serius. Messenger Gem4me diluncurkan pada tahun 2016 dan saat ini memiliki hasil yang sangat baik.

Messenger mana yang Dominan saat ini  

Untuk saat ini, pemimpin dalam pasar messenger dalam jumlah pengguna adalah WhatsApp. Sebelumnya Skype mendominasi pasar messenger namun dia kehilangan posisi pertamanya dalam setahun dan turun ke tempat kelima karena kendala teknis yang sering terjadi dan berita bahwa Microsoft akan berhenti mengembangkan fungsionalitas baru dari Skype sebagai messenger.

Saat ini, sepuluh messenger yang terpopuler di dunia, menurut Mediascope, adalah:  

  1. WhatsApp
  2. Facebook Messenger
  3. QQ mobile
  4. WeChat
  5. Skype
  6. Snapchat
  7. Viber
  8. Line
  9. BlackBerry Messenger (BBM)
  10. Telegram

 Keunggulan Kompetitif Gem4me 

Saat ini, fungsionalitas standar dari messenger Gem4me terdiri dari: chat, grup, panggilan hp, stiker, dll sudah tersedia untuk pengguna. Sangat nyaman bahwa grup dibagi menjadi dua area: grup dengan teman-teman (chat obrolan), dan grup berlangganan oleh pembaca untuk mengakses materi dan berita yang menarik bagi mereka. Selain itu, dalam waktu dekat ini direncanakan untuk memperkenalkan fungsionalitas baru: streaming video, konferensi video grup dan masih banyak lagi.

Setelah menyelesaikan pekerjaan pada fungsi dasar tersebut, para pengembang Gem4me memutuskan untuk fokus pada fungsionalitas yang memungkinkan pengguna tidak hanya mampu berkomunikasi, tetapi juga dapat melakukan bisnis antar para pengguna. Untuk tujuan ini platform perdagangan MarketSpace yang terintegrasi ke dalam messenger sedang dibuat. Pengguna akan diberi kesempatan untuk memposting dan mempromosikan produk dan layanan mereka di MarketSpace serta menggunakan fungsi tersebut untuk melakukan transaksi global.

Pada saat ini, MarketSpace berada dalam fase pengujian alfa dan sangat berminat untuk bermitra dengan pengusaha swasta dan usaha kecil dan menengah yang merasa sulit untuk secara mandiri memelihara situs pemasaran online atau mempertahankan jejaring sosial mereka. Gem4me Market Space akan melakukannya untuk mereka. Perusahaan berharap bahwa dengan perkembangan pasar akan menjadi menarik bagi perusahaan besar yang mencoba memposting informasi tentang produk dan jasa mereka di semua lantai perdagangan. Selama pengujian beta, fase lanjutan dari pengujian alfa, semua pengguna akan memiliki akses ke fungsionalitas penuh dalam menempatkan toko dan memasarkan produk serta jasa mereka.

Marketplace adalah tren baru di dunia modern, dunia dimana ruang dan waktu mengecil dan para pembeli menolak untuk menggunakan banyak waktu dan melintasi ruang untuk berbelanja. Mereka lebih memilih untuk membeli barang dan jasa di Internet dengan menggunakan jaringan sosial, kurir instan dan toko toko online. Oleh karena itu, marketplace yang diintegrasikan ke dalam messenger memang merupakan keunggulan kompetitif yang sangat menguntungkan dan paling sesuai dengan trend yang ada.

Dalam usaha untuk menarik investor besar yang berkualitas, Gem4me memilih cara klasik dengan menempatkan sahamnya di bursa saham NASDAQ, yang telah dirilis dalam siaran pers musim gugur tahun 2019 ini.

Keunggulan kompetitif dari setiap messenger adalah fungsionalitasnya. Ini adalah fungsi yang menjamin komunikasi yang nyaman dan aman dengan sejumlah besar pengguna, yang akan memungkinkan messenger baru untuk menjadi pemimpin dalam jumlah unduhan dan distribusi di dunia. Saat ini, messenger Gem4me telah diunduh lebih dari 10 juta kali di 163 negara.

Mengingat bahwa messenger tersebut dalam pengujian beta, hasil ini sangat mengesankan. Setelah Gem4me mengumumkan peluncuran platform perdagangan MarketSpace dalam pengujian alpha, toko pertama mulai muncul.

Untuk pertanyaan yang disuarakan dalam judul artikel ini: “Apakah saya perlu membuat messenger lain?”, Kita dapat memberikan jawaban: “Ya, perlu jika Anda yakin dengan kemampuan Anda, sebagai pengembang, pemodal, analis, dan pemasar. ”

Messenger memiliki masa depan yang hebat di bidang komunikasi pribadi dan bisnis. Kami akan terus mempelajari Gem4me MarketSpace untuk memberi tahu Anda tentang fungsinya dan menganalisis apakah itu akan dapat mengubah pasar messenger dan menjadi salah satu pemimpin di sana. Gem4me memutuskan untuk pergi dengan cara klasik dan menempatkan sahamnya di bursa efek NASDAQ , yang dirilis dalam jumpa pers pada musim gugur ini.

Beberapa bulan yang lalu, pengembang mengumumkan peluncuran pengujian alpha dari platform perdagangan MarketSpace, yang terintegrasi ke dalam messenger dan memungkinkan pengguna untuk menempatkan dan mempromosikan produk dan layanan mereka di MarketSpace, serta menggunakan fungsi untuk transfer uang secara instan.

Pada bulan Desember 2019, rilis baru aplikasi diluncurkan, di mana fitur baru tersedia – Gem4me Passport. Mari kita melihat lebih detail apa itu.

Untuk saat ini, banyak layanan online saat mendaftarkan akun, untuk menghapus pembatasan jumlah pembayaran atau mengembalikan akses ke akun yang diblokir, memerlukan dokumen identitas dari pengguna. Dalam hal ini, pengguna perlu memotret paspor mereka, SIM atau dokumen lain, mengunggahnya ke situs dan menunggu konfirmasi verifikasi mereka. Meskipun situs web dan layanan biasanya menggunakan saluran terenkripsi untuk transfer data yang aman, tidak selalu jelas apa yang terjadi pada dokumen pribadi: di server mana mereka disimpan dan siapa yang dapat mengaksesnya.

Gem4me Passport menawarkan solusinya untuk melalui proses identifikasi di dalam messenger dan pasar serta di situs lain.

Gem4me Passport adalah layanan berlisensi untuk menyimpan data pengguna, memverifikasi dan mengotorisasi pengguna dengan kemampuan untuk mentransfer data terenkripsi, asalkan pengguna mengkonfirmasi transfer mereka ke layanan internal dan eksternal dalam ekosistem Gem4me. Semua tindakan dilakukan dalam kerangka hukum perlindungan data pribadi.

Gem4me menuju Pemimpin Pasar (Market Leader) messenger 

Telah kita ketahui bahwa keunggulan kompetitif dari setiap messenger adalah fungsionalitasnya. Ini adalah fungsi yang menjamin komunikasi dan transaksi yang nyaman dan aman dengan sejumlah besar pengguna, yang akan memungkinkan messenger baru untuk menjadi pemimpin dalam jumlah unduhan dan distribusi di dunia. Saat ini, messenger Gem4me telah diunduh lebih dari 10 juta kali di 163 negara. 

Mengingat bahwa messenger tersebut masih dalam tahap pengujian beta, hasil ini benar-benar sangat mengesankan. Setelah Gem4me mengumumkan peluncuran platform perdagangan MarketSpace dalam pengujian alpha, toko pertama sudah mulai muncul. 

Untuk pertanyaan yang ada dalam judul artikel ini: “Apakah layak untuk mengembangkan suatu messenger baru, saat ini?” Kami bisa memberikan jawaban: “Ya, sangat layak dan perlu bahkan sangat menguntungkan, jika Anda yakin dengan kemampuan Anda, sebagai pengembang, pemodal, analis dan kemampuan penetrasi pasar.” 

Messenger memiliki masa depan yang luarbiasa di bidang komunikasi pribadi dan bisnis. Kami akan terus mengikuti perkembangan Gem4me MarketSpace untuk memberi informasi segera kepada Anda tentang fungsinya dan menganalisis apakah itu akan dapat mengubah struktur pasar dari messenger dimana Gem4me Marketspace akan menjadi salah satu pemimpin di dalamnya. Berbagai fungsi baru seperti penerjemah otomatis dan percakapan lisan, juga sedang dikembangkan. 

Jika Anda ingin menguji messenger Gem4me MarketSpace secara pribadi, Anda dapat mengunduhnya ke smartphone Anda dari Google Play atau AppStore. Anda juga dapat menggunakan versi web untuk PC Anda di web.gem4me.com.  Bagikan berita ini  dengan dunia! 

Jika ingin bergabung sebagai crowd investor dapat menghubungi Indonesia Country Leader: Edwin Soru, email edwin.soru@gmail.com.  

Penulis: Dr.Ing Ignatius Iryanto, CSRS (email ignatiusiryanto28@gmail.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tags