Articles worth reading

Finance

Trend Umroh Meningkat, Amitra Capai Pembiayaan Hingga Rp82 Milliar per Bulan Yulian Warman, Direktur Amitra

Trend Umroh Meningkat, Amitra Capai Pembiayaan Hingga Rp82 Milliar per Bulan

person access_time21-09-2020

Bisnistoday- Dampak buruk dari pandemi covid-19,  juga dirasakan oleh pembiayaan Syariah yang memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia. Salah satu pembiayaan Syariah yang terkena dampaknya adalah Amitra,  merupakan Platform Syariah yang dikelola FIFGROUP. 

Salah satu produk unggulan Amitra yakni pembiayaan Ibadah Umroh dan Haji, nyaris kini hanya "diam di tempat". Karena sejak bulan Maret diumumkannya kasus Covid-19 pertama kali di tanah air, kini pelaksanaan kedua ibadah tersebut secara otomatis terhenti. Padahal trend ibadah Umroh dari waktu ke waktu mengalami peningkatan signifikan. 

Direktur Amitra, Yulian Warman saat di wawancara melalu telpon kepada Bisnistoday, mengatakan jika pencapain tertinggi untuk pembiayaan Umroh mencapai Rp82 Milliar per Bulan. 

"Angka itu dihitung sampai bulan Maret 2020 setelah ada larangan untuk melaksanakan ibadah Umroh. Jika tidak ada pandemi Covid-19 ini saya yakin nilainya akan lebih tinggi lagi," ujar Yulian.

Yulian menambah kan jika prosentase terbesar memang paling banyak dari Umroh sebanyak 60 persen dan Haji 40 persen. Dan kali pertama dalam sejarah akibat pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan ibadah Haji tahun ini juga tidak bisa dilaksanakan oleh masyarakat muslim dari berbagai negara seluruh dunia. 

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Amitra terus menggali potensi-potensi yang ada dengan mengeluarkan produk baru yakni pembiayaan hewan Qurban yang telah dimulai tahun 2020 ini. Hasilnya pun di luar dugaan. 

" Mekanismenya sendiri kami bekerjasama dengan penjual hewan Qurban diberbagai daerah, begitu juga dengan penyelenggara Aqiqah. Misalnya untuk hewan Qurban kami mengecek langsung ke pedagang harga, berat, dan kesehatan hewan tersebut. Kami tidak ingin customer kami dimainakan. Setelah itu para pedagang tersebut kami pitching mana yang terbaik kami ambil di berbagai daerah sesuai dengan aggriment dari kita. Tahun depan kami dari Amitra akan lebih prepare lagi dan lebih sosialiasi ke masyarakat mengenai pembiayaan ini," ungkapnya. 

Selain itu Amitra juga mengeluarkan pembiayaan Aqiqah. Bagi Amitra ini juga merupakan peluang besar, dimana banyak pasangan muda yang ingin meng Aqiqah anaknya namun terbentur oleh biaya.  

IbadahHaji & Umroh Terhenti

Untuk pelaksanaan ibadah Haji sendiri, sejak bulan Maret 2020 dimana kasus Covid -19 muncul di Indonesia pertama kali, otomatis pelaksanannya terhenti. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini Amitra tentu saja tidak diam di tempat. Berbagai strategi telah dipersiapkan untuk tahun 2021 nanti.

"Ya kami sekarang sedang mempersiapkan program Haji Muda yang menyasar ke mereka yang masih memiliki dana untuk anak-anaknya ber Haji, sehingga bisa berangkat sekeluarga. Dan ini merupakan program yang memiliki potensi besar tentunya," ujar Yulian. 

Amitra sendiri lanjut Yulian menyambut baik jika pada bulan September ini, ibadah Umroh akan dibuka kembali secara bertahap. Namun hingga saat ini nampaknya lampu hijau belum keluar. 

"Amitra sangat tergantung sekali dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi dan pemerintah kita. Katanya September ini akan dibuka kembali  Umroh secara bertahap. Tapi untuk pembiayaan akan berubah, karena akan ada penambahan biaya-biaya lain seperti swab test, biaya akomodasi pesawat karena tidak boleh full, begitu juga dengan hotel," tutup Yulian. Dewi

folder_opentags

Penulis

bisnis today

bisnis today

Artikel Lain