Indonesia Respon Gagas Gerakan Duta Wisata Milenial dan Duta Wisata Digital yang Didukung Menteri Parekraf Sandiaga Uno

4 April, 2021 Written by dewi Tagged as:
Bisnistoday- Dalam kegiatan Tikungan Nusantara (Telusur, Dukung, Jalani ) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan GEMAWIRA (Gerakan Masyarakat Wirausah) dengan program Jelajah Desa Wisata dengan roda dua dan serangkaian program pemberdayaan wirausaha dan masyarakat sekitar lokasi wisata.
 
Menurut Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan dalam tautan IG pribadinya bahwa guna menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, pihaknya terus melakukan pembenahan, mulai dari infratruktur, jaringan, hingga penggunaan digital dalam aktivitas ekonominy. “Saya harapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus menggeliat sehingga lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar tercipta meski di tengah keterbatasan pandemi,” katanya dalam keterangan press rilisnya, Jakarta 3 April 2021.
 
Dalam kesempatan terpisah, Ketua Umum Gemawira, Diantri Lapian menyatakan bahwa kegiatan Tikungan Nusantara yang bersinergi dengan Jelajah Desa Wisata Nepal Van Java dengan menggerakkan masyarakat sekitar dengan program pengembangan wirausaha akan dengan cepat menggerakkan sektor pariwisata dan pertumbuhan ekonomi. 
 
“Selain keterserapan tenaga kerja, roda ekonomi juga dapat pulih, kegiatan sosial dan keagamaan juga dapat digerakkan agar masyarakat punya keterikatan dengan tata nilai guna meningkatkan produktifitas dan etos kerja yang tinggi,” katanya. 
 
Senada dengan Diantri Lapian, Founder Indonesia Respon, Hery Maryanto menegaskan bahwa kegiatan yang digagas Kemenparekraf dan Gemawira ini akan terus dikawal oleh Indonesia Respon. “Kita berharap destinasi wisata digerakkan dengan kolaborasi semua stake holder, dan pendekatan yang komprehensif, tidak hanya infrastruktur saja, tetapi program  pengembangan wirausaha, sosial dan keagamaan akan dapat meningkatkan produktifitas masyarakat juga membuka lapangan kerja baru”
 
“Sekarang ini Indonesia Respon sedang membuat Gerakan Duta Wisata MILENIAL dan Duta Wisata Digital yang melibatkan para MILENIAL di tiap desa untuk aktif mempromosikan potensi pariwisata di wilayahnya. Indonesia Respon siap membina  para MILENIAL menjadi Duta Wisata Digital dengan menggandeng Kepala Daerah”.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sangat mendukung Gerakan Duta Wisata MILENIAL dan berharap Kepala Daerah terlibat dalam gerakan ini, karena MILENIAL adalah potensi sumber daya manusia yang handal, kreatif, penuh inovasi dan sangat potensial untuk mengembangkan dan  membantu promosi di daerahnya. Dewi
  • Tags